Jumat, 14 April 2017

Resep Cara Membuat Kue Nagasari Sederhana Lezat

Resep Cara Membuat Kue Nagasari - Kue Nagasari merupakan kue tradisional yang familiar dan sering kita jumpai. Jajanan basah yang satu ini memang memiliki rasa yang enak dan gurih, teksturnya yang basah dan rasanya yang manis di tambah lezatnya pisang membuat kue nagasari cocok di santap sebagai cemilan bersantai atau berkumpul dengan anggota keluarga yang lain. Kue yang satu ini juga menjadi kue favorit di acara syukuran seperti pernikahan misalnya.

Jajan Nagasari ini merupakan makanan tradisional yang sudah ada sejak lama, rata-rata orang tua kita bisa membuatnya, namun tidak dengan kita, karena jajanan tradisional ini mulai di tinggalkan, terutama oleh anak muda yang menyukai jajanan instan. Kue nagasari ini banyak di jual oleh pedagang kue, baik yang tradisional ataupun yang modern, namun semodern apapun tempatnya, tetap saja kue yang satu ini masih original dan jarang di modifikasi. Dimana bahannya adalah tepung beras dengan isian pisang di tengahnya lalu di bungkus dengan daun pisang.


Jika kita sulit mendapatkan jajan nagasari ini, maka solusi terbaik ialah dengan membuat sendiri, karena membuat kue nagasari ini tenyata gampang-gampang susah, namun bagi anda yang terbiasa dengan dapur maka mengolah kue nagasari merupakan hal yang mudah. Yang perlu di perhatikan adalah tepung, pisang dan daun pisangnya. Usahakan menggunakan tepung yang masih segar agar tehindar dari apak. Gunakana pisang raja atau pisang lainnya. Untuk daun pisang, sebelum di gunakan panaskan di atas api agar daun lebih lemas dan tidak mudah robek saat di gunakan.

Resep Cara Membuat Kue Nagasari Sederhana


Waktu Memasak = ± 75 Menit

Bahan-bahan :


Bahan 1:
- 200 gram tepung beras
- 400 ml santan kekentalan sedang
- 1 sendok teh vanila ekstrak atau bisa ½ sendok teh vanili bubuk
- 1 sendok teh garam
- 130 gram gula pasir

Bahan 2:

- 400 ml santan kental
- 100 gram tepung tapioka

Bahan Lain:
- pisang secukupnya, potong melintang sepanjang ± 3 cm dan belah menjadi dua
- daun pisang untuk membungkus adonan nagasari

Cara Membuatnya :

1. Bahan 1: Masukkan tepung beras dan juga santan ke dalam panci lalu aduk sampai merata.
2. Gunakan saringan untuk menyaring gumpalan pada adonan nagasari.
3. Masukkan adonan nagasari ke dalam panci, tambahkan garam, gula pasir dan juga daun pandan. Lalu masak menggunakan api kecil saja sambil diaduk-aduk sampai adonan mengental.
4. Tuangkan bahan 2 ke dalam adonan di panci, lalu aduk dan masak terus sampai adonan mengental, pekat dan santannya telah mengering.
5. Berikutnya siapkan 2 lembar daun pisang, sepanjang ± 15 cm dan bentangkan. Letakkan 2 sendok makan adonan di atas daun pisang, tekan-tekan agar sedikit melebar. Letakkan 1 buah pisang di tengah-tengah adonan lalu tutup kembali dengan adonan.
6. Bungkus adonan nagasari dengan daun pisang, dengan melipatnya ke dalam. Pelan-pelan, jangan sampai daun pisangnya robek.
7. Letakkan kue nagasari di dalam dandang kukusan dengan bagian lipatannya di bagian bawah. Kukus selama ± 20 menit.
8. Setelah nagasari matang, angkat dan biarkan dingin lalu siap di sajikan.
Baca Juga : Resep Membuat Lemet Singkong Tradisional Lezat
Bagaimana mudah apa sulit resep membuat nagasari? ada baiknya di coba sebelum berkomentar. Jika masih gagal alangkah baiknya belajar langsung kepada ahlinya. Kami rasa cukup sekian yang dapat kami bagikan, semoga informasi ini bemanfaat, terimakasih sudah menyikam resep membuat kue nagasari.

Resep Cara Membuat Kue Nagasari Sederhana Lezat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ayu