Kamis, 30 Maret 2017

Resep Membuat Lemet Singkong Tradisional Lezat

Resep Membuat Lemet Singkong - Siapa yang tak mengenal jajan lemet, hampir semua orang mengenal jajanan tradisional yang satu ini, khususnya orang jawa sendiri. Namun saat ini jajanan tradisional sudah di tinggalkan karena sudah ada jajanan instan yang di jual murah di warung-warung. Jadi tak heran jika anan-anak anda tidak suka dengan jajan lemet ini. Lemet merupakan makanan khas tradisional yang menggunakan bahan utama singkong. Warnanya khas kuning kecoklatan karena di campur dengan gula merah.

Menurut saya sendiri menggunakan gula merah membuat lemet menjadi lebih lezat, namun juga tergantung selera masing-masing. Di kesempatan kali ini, resep membuat lemet yang kami bagikan menggunakan gula pasir, jadi jika ingin menambahkan gula merah tak mengapa.

Resep Membuat Lemet Singkong Tradisional Lezat

Waktu yang di butuhkan untuk membuat lemet cukup relatif, tergantung dari kebiasaan anda. Jika anda pemula tentu waktu 1 jam bisa saja kurang. Yang terpenting anda coba saja terlebih dahulu, karena jika tidak membuat lemet sendiri, kita tidak bisa membelinya karena jarang yang menjual lemet saat ini. Beriku ini resep sederhananya.

Resep Membuat Lemet Singkong Tradisional


Waktu memasak : 75 Menit
Saran penyajian: 30 buah

Bahan-bahan :

- 50 gram singkong parut, peras, buang airnya
- 150 gram kelapa parut kasar
- ½ sdt garam
- 25 ml air
- 100 gram gula pasir
- hiasan/warna sesuai selera
- Daun pisang untuk membungkus

Cara Membuatnya :

1. Aduk singkong, air, garam, kelapa parut dan gula pasir lalu aduk rata.
2. Ambil daun pisang, masukkan adonan lepet lalu bentuk memanjang, bungkus adonan dengan melipat kanan dan kirinya. Jangan lupa untuk mengunci ujung bungkusnya.
3. Selanjutnya kukus adonan selama 30 menit di atas api sedang hingga lepet matang.
4. Angkat, Hidangkan segera selagi masih hangat.
Baca Juga : Resep Nasi Goreng Mawut Sederhana Yang Gurih
Alangkah baiknya jika lemet di makan sebagai sajian ringan, sangat cocok ketika ada acara syukuran, acara kumpul ngobrol atau sekedar cemilan di malam hari. Cukup sekian semoga informasi ini bermanfaat, terimakasih sudah membaca resep membuat lemet singkong.

Resep Membuat Lemet Singkong Tradisional Lezat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ayu