Minggu, 29 Januari 2017

Resep Membuat Gurame Ikan Bakar Gurih Enak

Resep Membuat Gurame Ikan Bakar - Siapa yang tidak suka dengan olahan ikan gurame, apalagi jika di hidangkan dengan cara di bakar, rasanya akan lebih gurih sampai ke dalam-dalamnya. Gurame merupakan salah satu ikan air tawar yang banyak di kembangbiakan oleh para petani ikan air tawar, di bandingkan jenis ikan lain semisal lele dan nila, ikan gurame memiliki harga jual yang lebih tinggi, bisa mencapai 40 ribu per kilonya. Ya meskipun dalam budidayanya sendiri, membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

Memilih ikan gurame sebagai bahan makanan memang sangat tepat, ini di karenakan ikan gurame memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi, seperti aneka Vitamin A, C dan juga Fosfor. Belum lagi adanya protein dan juga kalium yang sangat bagus untuk kesehatan. Yang tidak terlewatkan, ikan jenis ini juga tergolong aman untuk anak-anak, karena durinya cukup sedikit, duri terbanyak berada pada bagian tengah, namun jangan khawatir, karena duri ikan ini cukup besar ukurannya sehingga bisa telihat sebelum masuk ke mulut.

Resep Membuat Gurame Ikan Bakar Gurih Enak

Sajian ikan gurame bakar sangat cocok di hidangkan sebagai menu berbuka puasa, hanya saja butuh kesabaran ekstra untuk mengolah ikan gurame bakar. Karena resep ikan gurame bakar ini bisa di katakan gampang-gampang susah, apalagi anda harus menyiapkan berbagai alat pemanggangan termasuk arang. Langsung saja simak informasinya berikut ini.

Resep Membuat Gurame Ikan Bakar Sederhana 


Waktu Memasak : 1 Jam
Saran Penyajian : 5

Bahan-bahan :


Bahan :
- 2 ekor ikan gurame besar
- 2 buah jeruk nipis
- 4 sdm minyak goreng untuk menumis

Bumbu halus :
- 4 siung bawang merah
- 1 sdt garam
- 2 cm jahe

Bumbu oles :
- 3 butir bawang merah, haluskan
- 3 siung bawang putih, haluskan
- 6 sdm kecap manis
- 2 sdm minyak goreng, campur semua bahan

Sambal :
- 1 buah tomat merah
- 10 buah cabai rawit/kecil
- 8 buah cabai merah keriting
- 1 sdt gula
- 1 sdt garam

Cara Membuatnya :

1. Bersihkan dulu ikan gurame, jangan lupa sayat bagian kanan dan kiri ikan. Lumuri permukaan ikan gurame dengan air perasan jeruk nipis sampai rata.
2. Balurkan bumbu halus merata di tubuh ikan dan biarkan selama kurang lebih 15 menit agar bumbu meresap.
3. Sambil menunggu, nyalakan arang sampai bara merah dan panas, bakar ikan gurame sampai matang dan sesekali diolesi bumbu oles. Angkat jika ikan gurame sudah matang.
4. Untuk sambalnya : tumis semua bahan sambal, kecuali untuk garam dan gula, tumis sampai layu. Lalu haluskan bersamaan garam dan gula.
5. Sajikan ikan gurame bakar dan sambalnya pada piring saji, siap di nikmati.
Baca Juga : Resep Membuat Terong Balado Khas Padang Pedas
Bakar ikan akan lebih seru jika di lakukan saat semua anggota keluarga berkumpul, namun pastikan jumlah ikan gurame mencukupi semua anggota keluarga, sesuaikan dengan jumlah keluarga yang ada. Cukup sekian yang dapat kami bagikan, semoga informasi ini bermanfaat, terimakasih sudah membaca resep ikan bakar gurame gurih lezat.

Resep Membuat Gurame Ikan Bakar Gurih Enak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ayu