Kamis, 18 Juni 2015

Resep Membuat Bubur Kacang Hijau Yang Enak

Resep Bubur Kacang Hijau - Bubur kacang hijau, siapa sih yang tida kenal? semua pasti mengenal makanan super lezat yang satu ini. Setiap daerah pasti memiliki resep yang berbeda dalam menyajikan bubur kacang hijau, intinya bubur kacang hijau memiliki rasa yang enak dan membuat ketagihan kita dalam menyantapnya. Bubur kacang hijau sangat cocok di sajikan sebagai menu saat sarapan atau sebagai santapan makan siang dan makan malam. Karena kacang hijau sendiri cukup mengenyangkan sehingga bisa di jadikan sebagai pengganti nasi di saat bosan makan nasi.

Bubur kacang hijau sangat baik apabila di konsumsi karena kandungan gizinya yang tinggi. Bahkan balita sangat di sarankan mengonsumsi bubur kacang hijau mengingat gizinya di butuhkan oleh balita. Ada hal yang perlu di perhatikan saat memasak bubur kacang hijau agar gizinya tidak hilang. Yaitu masaklah kacang hijau tanpa menambahkan santan, tetapi apabila memang tidak bisa gunakan saja santan yang encer dan gunakan saja api kecil saat memasak. Anda tertarik membuat bubur kacang hijau? baca resep membuatnya berikut ini.

Resep Membuat Bubur Kacang Hijau Yang Enak

Resep Membuat Bubur Kacang Hijau Yang Enak


Bahan Bubur :

- 150 gram kacang hijau kulit
- 1600 ml air
- 3 lembar daun pandan
- ½ sdt garam
- 200 gram gula pasir
- 2 sdm tepung sagu

Bahan Kuah Santan :

- 500 ml santan dari 1 butir kelapa
- 2 lembar daun pandan
- ¼ sdt garam

Bahan Pelengkap :

- 4 buah nangka, diiris panjang
- 100 gram kelapa muda, dikeruk panjang

Cara Membuatnya :

A. Untuk Bubur kacang Hijau:
1. Panaskan air, rebus kacang hijau dan daun pandan hingga mekar dan matang.
2. Lalu masukkan garam dan gula pasir, masak sampai meresap.
3. Tambahkan tepung sagu agar mengental.

B. Untuk Kuah Santan:
4. Rebus santan, garam dan daun pandan. Lalu Aduk sampai mendidih.
5. Yang terakhir sajikan bubur kacang hijau dan kuah santan beserta pelengkapnya. Anda bisa menggunakan mangkok dalam penyajian.
Baca Juga : Resep Membuat Perkedel Kentang Yang Lezat
Ada tips dalam memasak bubur kacang hijau agar kacang hijau cepat matang. Yaitu rendam kacang hijau pada air hangat sekitar 2-3 jam sebelum di masak. Cukup sekian semoga resep kali ini bermanfaat bagi pembaca, terimakasih atas kunjungan anda yang telah membaca Resep Membuat Bubur Kacang Hijau.

Resep Membuat Bubur Kacang Hijau Yang Enak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ayu