Rabu, 21 Oktober 2015

Resep Cara Membuat Tahu Telur Yang Lezat

Resep Cara Membuat Tahu Telur - Siapa yang tidak mengenal makanan lezat yang satu ini, untuk rekan-rekan Jawa Timur pasti sudah tidak asing kan dengan tahu telur, karena makanan yang satu ini tergolong kuliner yang paling banyak di jajakan di pinggir-pinggir jalan dan juga rumah makan. Dan yang paling kerap menjual tahu telur adalah warung tenda khas Lamongan atau Khas Sidoarjo. Untuk kota lain di luar Jawa Timur, mungkin cukup sulit menemukan makanan ini. Jangankan di luar Jawa Timur, ada beberapa kota di Jawa Timur yang sulit menemukan Tahu Telur ini.

Maka dari itu dari pada penasaran dan menunggu warung atau orang yang menjual tahu telur ini lebih baik anda membuat sendiri dengan mengikuti resep membuat tahu telur yang kamu bagikan. Tahu telur sendiri menggunakan petis sebagai bumbunya, namun usahakan menggunakan petis dengan aroma yang tidak tengik. Selain itu apabila anda alergi dengan petis udang, anda bisa menggunakan petis sapi. Baiklah langsung saja simak cara membuat tahu telur berikut ini, dan praktekkan segera mumpung masih hangat resepnya.

Resep Cara Membuat Tahu Telur Yang Lezat

Resep Cara Membuat Tahu Telur Yang Lezat


Bahan:

- 250 gr tahu putih, cuci bersih, potong dadu 1cm
- 5 butir telur ayam
- 1 sdm tepung terigu
- 50 ml air
- 2 siung bawang putih, haluskan
- ½ sdt garam
- 3 batang daun kucai, iris 1 cm
- 150 gram tauge, bersihkan, seduh air panas hingga layu
- 150 gram mentimun, cincang kasar

Sambal :

- 1 sdm minyak goreng
- 2 siung bawang putih, iris tipis
- 5 cabai rawit, iris halus
- 1 sdt garam
- 2 sdm petis udang
- 10 sdm kecap manis

Cara Membuatnya :

1. Siapkan wadah, masukkan telur ayam dan kocok lepas. Masukkan juga terigu yang sudah dilarutkan dengan air, bawang putih, garam dan tahu iris. Campur rata semua bahan di atas. Bagi adonan tersebut jadi 5 bagian.
2. Panaskan wajan anti lengket dan olesi wajan dengan minyak. Tuang satu bagian adonan tahu telur di atas wajan, masak dengan api kecil saja sampai adonan tersebut matang di satu sisi. Balik adonan agar sisi yang satunya juga matang. Masak sampai adonan matang merata. Angkat lalu sisihkan. Lakukan terus hingga  langkah tersebut sampai semua adonan habis.
3. Sambal : Siapkan wajan dan panaskan minyak, tumis bawang putih dengan cabai rawit sampai ½ matang. Angkat dan segera haluskan. Siapkan wadah atau mangkuk kecil, campurkan cabai, bawang putih, petis, garam dan juga kecap. Aduk sampai rata.
4. Terakhir hidangkan tahu telur bersamaan dengan sambal petis, tauge, mentimun dan taburan daun kucai.
Baca Juga : Resep Mudah Membuat Ketupat di Hari Raya Idul Fitri
Itulah resep membuat tahu telur, resep di atas tergolong gampang-gampang susah. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Jangan lupa apabila resep di atas bermanfaat, bagikan kepada orang lain dan sahabat anda yang membutuhkan. Cukup sekian dan terimakasih sudah membaca ulasan Resep Membuat Tahu Telur Khas Jawa Timur.

Resep Cara Membuat Tahu Telur Yang Lezat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ayu