Kamis, 15 Oktober 2015

Resep Mudah Membuat Ketupat di Hari Raya Idul Fitri

Resep Mudah Membuat Ketupat - Siapa yang tidak mengenal ketupat, makanan khas yang di hidangkan di saat-saat hari kemenangan ini memang tidak tergantikan. Ketupat merupakan makanan yang selalu ada di Hari Raya Idul Fitri, dimana pada hari inilah kita semua umat Islam di seluruh dunia kembali menyambung silaturahmi dan mempererat tali persaudaraan. Ternyata "katanya" ketupat sendiri memang melambangkan Hari Lebaran sebagai hari untuk merapatkan jalinan silaturahmi.

Ketupat sendiri merupakan makanan yang berbahan dasar beras, beras yang di gunakan tidak berbeda jauh dengan beras yang kita gunakan setiap hari. Hanya saja ketupat ini, beras di masukkan ke dalam ketupat yang terbuat dari janur dan kemudian di masak dengan waktu sekitar 3 jam. Namun terkadang memasak ketupat di lakukan lebih dari 3 jam agar nantinya ketupat bisa jauh lebih tahan lama. Bagi anda yang ingin cepat dalam memasak ketupat, maka bisa menggunakan panci presto, dengan panci presto, membuat ketupat cukup dengan waktu sekitar 1.5 jam saja. Dengan begitu anda bisa menghemat bahan bakar dan waktu bukan?

Resep Mudah Membuat Ketupat

Baiklah langsung saja simak resep membuat ketupat berikut ini, dimana kami berusaha menyajikan informasi dengan sebaik mungkin agar lebih memudahkan pembaca dimanapun pembaca berada.

Resep Mudah Membuat Ketupat di Hari Raya


Saran Penyajian : 16
Waktu Memasak : Panci Presto 1,5 Jam, Panci Biasa 3 Jam

Bahan :

- 500 gram Beras
- 16 Kulit Ketupat Siap Pakai

Cara Membuatnya :

1. Pertama cuci beras sampai bersih menyeluruh, lalu tiriskan.
2. Siapkan kulit ketupat, langsung saja isi dengan beras yang sudah ditirisakan tadi sampai 1/3 bagian atau tidak lebih dari 2/3 bagian.
3. Kemudian ambil panci, susun semua ketupat di dalam panci dan tuangi dengan air hingga airnya hampir penuh.
4. Tahap selanjutnya rebus selama kurang lebih 2 jam. Jika nantinya air menyusut namun ketupat belum matang, tambahkan lagi dengan air mendidih.
5. Apabila ketupat sudah matang, langsung tiriskan.
Baca Juga : Resep Mudah Membuat Terik Daging Yang Lezat
Apabila ketupat sudah matang maka segera angkat dari panci, segera gantung atau tiriskan sampai airnya hilang. Karena ketupat yang masih mengandung banyak air akan mudah basi. Di suhu ruangan ketupat bisa bertahan sekitar 2-3 hari saja, maka dari itu apabila anda ingin ketupat awet, simpan saja di dalam kulkas. Nantinya ketika ingin makan ketupat tinggal di kukus saja. Kami rasa cukup sekian yang dapat kami bagikan di kesempatan kali ini, semoga saja informasi ini bermanfaat dan terimakasih sudah membaca Resep Mudah Membuat Ketupat

Resep Mudah Membuat Ketupat di Hari Raya Idul Fitri Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ayu