Senin, 16 November 2015

Resep Membuat Sambal Pecel Yang Lezat Bagi Pemula

Resep Membuat Sambal Pecel - Selamat datang pembaca di manapun anda berada, sesuai judul di atas pada kesempatan ini admin akan membagikan sebuah resep yakni membuat pecel. Pecel merupakan olahan yang terdiri dari sambal kacang, dimana kacang di olah sedemikian rupa sampai teksturnya cair dan di campur dengan aneka sayuran, bisa juga di makan bersamaan dengan nasi dan juga lontong. Tentu saja semua orang mengenal olahan yang satu ini, karena pecel cukup menyebar di pelosok negeri. Pecel sendiri di perkirakan berasal dari daerah Ponorogo, Jawa Timur. Namun untuk saat ini anda bisa menemukan pecel hampir di semua sudut kota terutama di daerah Jawa Timur.

Pecel menjadi salah satu makanan favorit sebagain orang, baik anak-anak, remaja, dewasa sampai lanjut usia. Namun di kalangan remaja tidak semua menyukai pecel, alasnnya karena pecel menggunakan kacang yang di khawatirkan bisa memicu timbulnya jerawat meskipun kenyataannya masih belum pasti, benar atau salah. Pecel ini tentu merupakan makanan yang menyehatkan, dimana bahan yang di gunakan hampir semuanya menyehatkan, mulai dari bumbumnya, sayuranya sampai pendampingnya seperti nasi dan lontong. Untuk membuat sambal pecel sendiri sebenarnya tidak begitu sulit, untuk lebih jelasnya lebih baik anda menyimak langsung resep membuat pecel sederhana berikut ini, ikuti baik-baik ya, agar pecel jadi dengan rasa yang mengguncang lidah.

Resep Membuat Sambal Pecel

Resep Membuat Sambal Pecel Bagi Pemula


Saran Penyajian : 6
Waktu Memasak : -+ 30 Menit

Bahan :

- 250 gr bayam, siangi, buang batangnya
- 250 gr tauge, bersihkan akarnya
- 250 gr kacang panjang, potong 5 cm
- 250 gr bunga turi, buang putiknya

Bumbu :

- 350 gr kacang tanah, goreng, haluskan
- 4 lembar daun jeruk, iris halus
- 2 sdm air asam
- 300 ml air
- 4 buah cabai rawit merah
- 1 siung bawang putih
- 0.5 cm kencur
- ½ sdt terasi bakar
- 3 sdm gula merah iris
- 1 sdm makan garam

Cara Membuatnya :

1. Siapkan panci dan panaskan air sampai mendidih. Rebus bayam, kacang panjang, tauge dan bunga turi secara bergantian. Tiriskan dan sisihkan.
2. Berikutnya campur kacang tanah halus bersama dengan bumbu lainnya, terus haluskan kembali sampai benar-benar halus. Campur dengan air asam dan uleni memakai sendok sampai tercampur merata.
3. Siapkan wadah saji, susun sayuran yang sudah direbus tadi.
4. Siapkan mangkok/wadah sambal pecel, cairkan bumbu pecel dengan air, jangan terlalu cair jangan juga terlalu padat.
5. Terakhir siapkan piring saji, susun sayura di atas dan tambahkan bumbu pecel yang sudah di cairkan dia atasnya.
6. Selesai
Baca Juga : Resep Es Puding Yang Segar dan Manis Lezat
Itulah resep membuat sambal pecel, ternyata memang mudah ya, terutama bagi kaum hawa yang memang sangat di prioritaskan bisa memasak. Sajian pecel ini sangat cocok di santap baik menggunakan lontong maupun nasi putih. Di makan saat sarapan, siang hari ataupun malam hari tetap saja lezat. Pecel juga sangat pas di jadikan menu utama ketika berbuka puasa karena kandungan gizinya yang tinggi. Kami rasa cukup sekian semoga saja bermanfaat, terimakasih sudah membaca resep membuat pecel bagi pemula.

Resep Membuat Sambal Pecel Yang Lezat Bagi Pemula Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ayu