Rabu, 13 Januari 2016

Resep Membuat Ikan Bakar Kecap Sederhana Yang Lezat

Resep Membuat Ikan Bakar - Banyak sekali jenis olahan makanan di negara kita tercinta, dalah satu hidangan yang sangat familiar dan lezat yang mana sangat cocok di konsumsi di akhir pekan adalah ikan bakar. Ketika mendengar ikan bakar pasti membangkitkan selera makan dan ingin menyantap makanan lezat yang satu ini. Ikan bakar merupakan hidangan turun menurun dan sudah ada sejak dahulu, sekarang pun mencari ikan bakar sangat mudah karena mudah kita jumpai di pinggir jalan atau di rumah makan lesehan. Bahkan restoran besar pun juga menyajikan hidangan ikan bakar yang satu ini. Hanya saja pada umumnya, harga seporsi ikan bakar cukup mahal, bisa 15 ribu, 20 ribu bahkan sampai ratusan ribu rupiah. Terlebih jika dalam 1 porsi berisi 1 ikan dengan ukuran jumbo.

Dari pada anda membeli ikan bakar dengan harga yang mahal lebih baik membuat sendiri, karena jauh lebih hemat. Ikan yang di bakar pun sangat mudah kita temukan di pasaran, beberapa contohnya seperti ikan mas, ikan bawal, ikan lele, ikan nila dan mujahir. Masih banyak ikan lainnya yang bisa di bakar baik yang tawar maupun ikan laut.

Resep Membuat Ikan Bakar Kecap Sederhana Yang Lezat

Bagi anda yang tertarik dengan resep membuat ikan bakar maka bisa membaca resepnya di bawah ini. Sebelumnya siapkan beberapa alat mulai dari penjepit ikan, pembakaran, arang dan juga kipas.

Resep Membuat Ikan Bakar Kecap Yang Lezat


Bahan-bahan :

- 1 ekor ikan bisa gurame, kakap, mas
- 1/2 sendok tah bubuk kunyit
- 1 buah jeruk nipis
- 2 sendok makan kecap manis
- 1/2 sendok teh ketumbar
- Garam secukupnya
- 3 sendok makan minyak sayur
- 4 sendok makan kecap manis

Bumbu Halus :

- 3 butir bawang merah
- 1 ruas jahe
- Cabai sesuai selera
- 3 butir bawang putih

Cara Membuatnya :

1. Pertama bersihkan dulu ikan, buang kotoran dan bagian lain di sekitar perut. Lumuri ikan dengan air jeruk nipis agar hilang bau amisnya, diamkan selama 30 menit.
2. Campur bumbu halus dengan semua bumbu menjadi satu pada wadah. Lalu masukkan ikan tadi ke dalam wadah dan oleskan bumbu pada ikan sampai merata, sisakan bumbunya sedikit lalu kebali diamkan ikan sekitar 30 menit sebelum di bakar.
3. Langkah berikutnya siapkan pembakaran dan bakar ikan menggunakan penjepit ikan. ketika membakar, sesekali olesi ikan agar bumbu lebih meresap dan jangan lupa di bolak-balik agar tidak gosong.
4. Apabila ikan hampir matang, olesi ikan dengan kecap manis sedikit dan bakar lagi sebentar saja sisi-sisinya.
5. Selesai, hidangkan dengan aneka sayuran dan sambal agar lebih nyam-nyam.
Baca Juga : Resep Cara Membuat Soto Kudus Yang Lezat
Mudah bukan membuat ikan bakar? pastikan sebelum ikan di bakar sudah dalam keadaan bersih, karena jika tidak ikan akan terasa pahit. Bagian seperti kotoran, alat pencernaan harus di keluarkan. Selain itu jangan sampai gosong ya agar ikan tidak pahit. Cukup sekian semoga bermanfaat bagi kita semua, terimakasih sudah membaca Resep Ikan Bakar Sederhana Lezat.

Resep Membuat Ikan Bakar Kecap Sederhana Yang Lezat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ayu