Minggu, 13 Maret 2016

Resep Cara Membuat Getuk Kukus Yang Enak dan Lezat

Resep Cara Membuat Getuk Kukus - Olahan yang sudah cukup terkenal dan menjadi salah satu jajanan tradisional yang sudah tidak asing lagi tentu banyak orang yang ingin membuatnya. Ya, getuk merupakan jajanan yang berasal dari pulau Jawa tepatnya di daerah Jawa Tengah. Getuk merupakan olahan yang menggunakan bahan dasar singkong. Makanan yang satu ini cukup lezat di santap sebagai teman bersantai atau untuk menjamu tamu di rumah. Karena terbuat dari bahan dasar singkong yang mengandung banyak karbohidrat, makanan yang satu ini juga cukup mengenyangkan terlebih jika mengkonsumsi dengan jumlah yang besar.

Untuk saat ini mendapatkan kue getuk memang cukup mudah di daerah pulau Jawa, karena banyak orang yang menjualnya. Namun tentu tidak semua daerah ada jajanan getuk ini mengingat saat ini orang lebih memilih jajanan modern karena lebih praktis dan mudah di dapatkan. Maka dari itu dari pada mencari namun tidak ketemu alangkah baiknya membuat kue getuk sendiri. Selain lebih menyehatkan, resep membuat getuk kukus ini cukup mudah, siapa saja bisa mencobanya. Baiklah langsung saja baca ulasan resepnya berikut ini, ikuti semuanya dengan benar yaa....

Resep Cara Membuat Getuk Kukus Yang Enak

Resep Cara Membuat Getuk Kukus Yang Enak


Waktu Memasak : 60 Menit
Saran penyajian: 20 buah

Bahan :

- 500 gram singkong, kukus lalu haluskan
- 4 sdm santan kental
- 1 sdm mentega
- 100 gram kelapa parut
- 2 sdm gula pasir
- Pewarna merah muda dan hijau muda (jika suka)
- Kelapa parut secukupnya

Cara Membuatnya :

1. Siapkan singkong, kupas kulit dan cuci bersih lalu potong ukuran sekitar 5 cm. Kukus menggunakan air mendidih hingga empuk dan matang.
2. Haluskan singkong dengan cara di tumbuk kemudian campurkan singkong yang telah halus dengan mentega, santan kental, kelapa parut dan juga gula. Aduk terus hingga merata.
3. Apabila anda ingin memberikan warna, pisahkan adonan menjadi 3 bagian, satu bagian di beri warna hijau muda. Satu bagian warna merah muda. Satu bagian birkan tanpa warna atau original.
4. Setelah itu, ambil selembar plastik dan taruh adonan tersebut di atasnya. Tutupi dengan plastik lalu giling menggunakan rol kayu sampai pipih sesuai selera. Berikutnya cetak sesuai selera masing-masing.
5. Getuk sudah siap, sajikan getuk singkong dengan taburan kelapa parut untuk rasa yang sempurna.
Baca Juga : Resep Cara Membuat Ceker Setan Super Pedas
Mengolah getuk di atas mungkin di butuhkan waktu kurang lebih sekitar 60 menit, namun itu semua juga tergantung dari anda, karena keahlian memasak setiap orang berbeda. Untuk varian rasa dan warna sendiri, anda bisa mengkreasikan sesuai keinginan anda. Yang penting gunakan bahan yang aman agar anak-anak anda tambah sehat setelah mengonsumsi getuk ini. Cukup sekian semoga bermanfaat, terimakasih sudah membaca Resep Membuat Getuk Kukus.

Resep Cara Membuat Getuk Kukus Yang Enak dan Lezat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ayu