Sabtu, 02 April 2016

Resep Membuat Ayam Crispy Ala KFC Super Renyah

Resep Cara Membuat Ayam Crispy - Ayam crispy merupakan hidangan yang sangat populer di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Hampir di setiap sudut kota dan restoran ada yang menjual ayam crispy. Tidak hanya itu, usaha waralaba makanan juga banyak yang menjadikan ayam crispy sebagai menu andalannya. Tidak heran memang mengapa ayam menjadi salah satu bahan makanan yang populer, ini di karenakan ayam merupakan daging yang sudah familiar sejak dahulu kala dan untuk mendapatkan daging ayam sangat mudah di bandingkan daging lainnya.

Resep Membuat Ayam Crispy Ala KFC

Untuk membuat ayam crispy sendiri di butuhkan waktu sekitar 1 jam, namun juga tergantung dari kita sendiri. Mungkin bagi pemula membutuhkan waktu lebih lama dari itu. Bumbu yang di gunakan tergolong umum dan bisa di temukan dengan mudah di sekitar kita. Hanya saja bumbu yang di gunakan lumayan banyak dan harus lengkap agar ayam crispy memiliki rasa yang pas dan nikmat saat sudah matang. Baiklah langsung saja simak resep membuat ayam crispy berikut ini, simak baik-baik yaa....

Resep Membuat Ayam Crispy Ala KFC Super Renyah


Bumbu-bumbu :

a. Bahan-bahan :
- 1 ekor ayam, potong menjadi beberapa bagian
- 2 putih telur sebagai bahan pencelup
- 2 sdm minyak goreng
- 1 sdt garam
- 1 sdt gula pasir
- 1 sdt air jeruk nipis

b. Bumbu-bumbu Halus :
- 3 siung bawang putih
- 3 butir kemiri, disangrai
- 3 sdt cabai bubuk (jika mau)
- 1 sdt merica
- 1 sdt ketumbar yang sudah disangrai
- 1 cm Jahe

c. Bahan Tepung Pelapis Agar Crispy :
- 200 gram tepung terigu
- 1 sdt baking soda
- ¼ sdt ketumbar bubuk
- ¼ sdt pala bubuk
- 1 sdt garam
- ½ sdt merica bubuk
- 20 gram tepung maizena
- 20 gram tepung beras
- 1 sdt cabai bubuk (jika mau)

Cara Membuatnya :

1. Lumuri Ayam yang sudah di potong dengan air jeruk nipis lalu Sisihkan.
2. Panaskan minyak goreng tumis bumbu halus sampai harum. Tambahkan gula dan juga garam aduk sampai matang.
3. Masukkan ayam, masak sampai berubah warna. Lalu masukkan air dan tutup wajan, ungkep ayam sampai airnya mengering. Setelah itu Angkat dan tiriskan.
4. Selanjutnya campurkan semua bahan tepung pelapis menjadi satu. 5. Tak ketinggalan pula kocok putih telur sampai berbusa.
6. Setelah itu ambil ayam yang sudah di ungkep, bersihkan bumbu yang menempel pada ayam.
7. Celupkan ayam ke dalam kocokan putih telur, setelah itu guling-gulingkan ayam pada tepung pelapis. Ulangi proses tersebut beberapa kali agar ayam menjadi crispy.
8. Selanjutnya masukkan ayam ke dalam kulkas sekitar 1 jam.
9. Langkah terakhir panaskan minyak goreng, goreng ayam hingga warnanya kuning keemasan atau sesuai selera. Gunakan api besar agar ayam crispy sempurna
10. Matang dan Siap dihdangkan.
Baca Juga : Resep Cara Membuat Getuk Kukus Yang Enak dan Lezat
Ayam crispy ala KFC di atas tentu tidak sama persih seperti ayam crispy yang di jual oleh KFC langsung, karena seperti yang kita tahu jika KFC memiliki bumbu rahasia sendiri. Meskipun begitu ayam cripsy yang telah kita buat memiliki rasa dan tektur yang tidak kalah nikmat dengan milik KFC. Semoga bermanfaat dan jangan lupa santap ayam cripsy bersamaan dengan nasi hangat dan saos tomat. Terimakasih sudah membaca ulasan Resep Membuat Ayam Crispy Mudah.

Resep Membuat Ayam Crispy Ala KFC Super Renyah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ayu