Selasa, 12 April 2016

Resep Membuat Kue Klepon Gula Merah Yang Lezat

Resep Membuat Kue Klepon - Kue klepon merupakan kue yang memiliki ciri khas berwarna hijau dengan ukuran yang kecil seperti kelereng yang memiliki rasa kenyal dari tepung ketan serta lelehan gula merah ketika di gigit. Tak heran jika olahan yang satu ini menjadi menu favorit untuk mengisi waktu luang atau acara kekeluargaan. Selain itu kue yang satu ini sangat cocok di sajikan sebagai hidangan pembuka saat berbuka puasa. Sebelum melaksanakan Sholat alangkah baiknya mengonsumsi yang manis-manis terlebih dahulu seperti kue klepon dan secangkir teh hangat.

Kue klepon sendiri memiliki karbohidrat yang cukup tinggi karena terbuat dari ketan, hanya saja karena ukurannya yang kecil, mengonsumsinya akan menahan lapar anda sebentar saja sehingga sangat cocok sebagai hidangan pembuka saat berbuka puasa. Dalam membuat klepon sendiri, anda bisa mencari bahan yang banyak tersedia di pasaran. Harga bahannya pun cukup murah sehingga dari pada anda membeli matangnya lebih baik membuat sendiri bukan. Baiklah simak saja langsung resep membuat kue klepon sederhana di bawah ini, simak baik-baik ya.

Resep Membuat Kue Klepon Gula Merah Yang Lezat

Resep Membuat Kue Klepon Gula Merah


Bahan :

- 300 gram tepung ketan
- 4 sdm air mendidih
- 150 ml santan hangat
- 50 ml air daun suji
- ½ sdm air kapur
- 200 gram gula merah, sisir halus
- 1 butir kelapa sedikit agak muda, kupas dan parut memanjang
- Garam secukupnya

Cara Membuatnya :

1. Siram tepung dengan air mendidih dan aduk merata. Masukkan air kapur, garam dan air daun suji sambil sedikit-sedikit di tuangi air santan. Uleni adonan tersebut sampai adonan bisa dibentuk.
2. Ambil adonan cukup sebesar kelereng, pipihkan dan isi menggunakan gula merah yang telah disisir. Bentuk bulatan sempurna dan lakukan langkah ini sampai adonan klepon habis.
3. Siapkan air mendidih lalu rebus bulatan klepon sampai mengapung (matang). Angkat dan tiriskan.
4. Langkah berikutnya campurkan kelapa parut dengan sedikit garam(sesuai selera). Kukus dengan diberi daun pandan dengan waktu 5 menit saja.
5. Setelah itu guling-gulingkan klepon tadi kelapa parut kukus.
6. Sajikan klepon saat hangat di mangkok daun kecil atau sesuai selera anda.
Baca Juga : Resep Membuat Ayam Crispy Ala KFC Super Renyah
Sebagai catatan jika anda tidak bisa menemukan daun suji, anda bisa menggantinya dengan pewarna buatan. Namun anda harus bijak, pilihlah pewarna instan yang di khususkan untuk makanan agar kesehatan keluarga anda terjamin. Cukup sekian semoga bermanfaat, terimakasih sudah membaca resep membuat klepon ketan.

Resep Membuat Kue Klepon Gula Merah Yang Lezat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ayu