Selasa, 26 April 2016

Resep Membuat Kolak Labu Untuk Hidangan Buka Puasa

Resep Membuat Kolak Labu/Waluh - Sangat banyak olahan makanan di negara kita ini, salah satu yang cukup terkenal dan di sukai banyak orang adalah kolak. Yups kolak merupakan makanan berkuah dengan bahan dasar yang beraneka macam, ada pisang, kacang hijau, ubi, nangka dan juga waluh. Selain itu masih banyak lagi yang semuanya bisa di kombinasikan dengan berbagai jenis makanan lain semisal beras ketan, roti dan juga mutiara. Makanan yang satu ini merupakan menu yang paling tepat sebagai hidangan pembuka saat berbuka puasa. Bagaimana tidak, rasanya yang manis serta kandungan karbohidrat di dalamnya cukup untuk mengganjal perut.

Sesuai judul di atas, kami akan membagikan resep membuat kolak labu. Labu atau dalam bahasa jawa lebih di kenal dengan waluh merupakan tumbuhan yang bisa di olah menjadi aneka jenis makanan, salah satunya menjadi kolak. Kolak waluh ini sangat jarang di jual di pinggir jalan. Sehingga untuk bisa menikmatinya, mau tidak mau harus membuatnya sendiri. lalau bagaimanakah cara membuatnya, simak saja resep membuat kolak waluh berikut ini.

Resep Membuat Kolak Labu Untuk Hidangan Buka Puasa

Resep Membuat Kolak Labu Untuk Hidangan Buka Puasa


Bahan :

- 1 buah labu kuning yang sudah matang/tua
- 300 gram gula merah ( disisir halus )
- 1/2 sendok teh vanili bubuk
- 1 sendok teh garam halus
- 2 liter santan kelapa

Cara Membuat Kolak Waluh :

1. Cuci waluh/labu hingga bersih lalu kupas kulitnya dan potong bentuk dadu dengan ukuran 2 cm - 3 cm.
2. Setelah itu, cuci lagi menggunakan air bersih dan tiriskan.
3. Siapkan panci dan panaskan air, rebus gula merah, vanili bubuk dan garam bersamaan dengan santan sampai mendidih sambil diaduk.
4. Sekarang tambahkan labu yang sudah dipotong tadi ke dalam panci.
5. Masak terus kolak sampai kuah sedikit menyusut dan labu empuk/matang
6. Kolak matang dan sajikan dalam mangkuk saji.
Baca Juga : Resep Membuat Kue Klepon Gula Merah Yang Lezat
Resep di atas cukup mudah kan? oh iya, sebagai tambahan saja jika anda tidak menyukai gula merah maka bisa menggantinya dengan gula pasir. Namun tetap perhatikan jumlahnya agar rasa manisnya pas. Cukup sekian yang dapat kami bagikan di kesempatan kali ini. Semoga informasi ini bermanfaat dan terus kunjungi blog ini untuk mendapatkan informasi seputar resep membuat kolak waluh.

Resep Membuat Kolak Labu Untuk Hidangan Buka Puasa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ayu