Minggu, 12 Juni 2016

Resep Membuat Ayam Bakar Manis Sederhana Gurih dan Lezat

Resep Membuat Ayam Bakar Manis - Ayam bakar merupakan makanan yang sangat pas di santap bersama anggota keluarga terutama di akhir pekan. Dengan mengisi akhir pekan bersama keluarga tentunya bisa menghilangkan pengat setelah bekerja apalagi jika di temani dengan acara makan-makan dengan menu spesial seperti ayam bakar manis ini. Olahan yang satu ini sangat di minati banyak orang, kita sebagai konsumen pun bisa mendapatkan ayam bakar dengan cara membelinya, karena ayam bakar ini mudah di temui baik di pinggir jalan maupun di warung rumah makan.

Namun tetap saja, jika langsung membeli tanpa tahu prosesnya terasa kurang spesial, apalagi jika bersama keluarga maka acara bakar-bakar ayam menjadi pilihan yang tepat bukan? Untuk membuat ayam bakar ini sangat mudah kok, karena disini menggunakan bahan dasar ayam yang di pasukan dengan aneka bumbu pilihan. Namun tetap saja sih untuk bumbunya agak banyak karena untuk mendapatkan rasa yang sempurna di butuhkan bumbu yang berwarna.

Resep Membuat Ayam Bakar Manis Sederhana Gurih

Ayam bakar ini nantinya bisa anda nikmati dengan sepiring nasi atau bahkan tanpa nasi, dimana bisa di padukan dengan aneka jenis sambal seperti sambal terasi dan sambal kecap. Nah bagi pembaca yang tertarik langsung saja simak resep membuat ayam bakar manis berikut ini.

Resep Membuat Ayam Bakar Manis Gurih Sederhana


Bahan-bahan :

- 1 ekor ayam, belah jadi 4 bagian(sesuai porsi yang di inginkan) dan jangan lupa buang kulitnya.
- 5 cm lengkuas geprek
- 2 batang serai geprek
- 5 sdm kecap manis
- 2 sdm air asam jawa
- 3 sdm gula merah, iris
- 4 lembar daun salam
- secukupnya garam
- 500 ml air
- sedikit minyak untuk menumis
   

Bumbu Halus :

- 12 siung bawang merah
- 6 siung bawang putih
- 2 cm jahe
- 3 cm kunyit
- 1 sdt ketumbar
- 1/2 sdt jinten
- 4 butir kemiri

Cara Membuatnya :

1. Haluskan bumbu halus, tumis bumbu halus hingga harum, masukkan ayam dan aduk merata. Masukkan lengkuas, serai dan juga daun salam. Aduk terus sampai bumbunya meresap.
2. Masukkan air, garam, gula merah, kecap dan tidak ketinggalan air asam jawa. Berikutnya masak sampai ayam matang dan bumbunya meresap sempurna serta kuahnya yang mengental seperti saos.
3. Lalu angkat ayam dan kuah rebusan ayam tersebut sisihkan. Nantinya kuah di gunakan untuk olesan pada saat ayam dipanggang.
4. Langkah selanjutnya panggang ayam diatas bara api, jangan lupa olesi ayam dengan sisa kuah rebusan. Panggang sampai matang dan jangan lupa bolak-balik agar matang merata dan tidak gosong.
5. Apabila sudah terlihat matang, bisa disajikan bersama sambal terasi, sambal kecap atau sambal sesuai selera anda.
Baca Juga : Resep Membuat Kare Ayam Kentang Sederhana
Untuk ayam sendiri, anda bisa menggunakan ayam kampung maupun ayam pedaging, namun untuk lebih sehatnya anda bisa menggunakan ayam kampung. Bagaimana, mudah bukan? semoga informasi resep di atas bisa bermanfaat, jangan lupa untuk mengunjungi situs ini untuk mendapatkan update informasi resep lainnya. Semoga bermanfaat informasi resep membuat ayam bakar manis lezat.

Resep Membuat Ayam Bakar Manis Sederhana Gurih dan Lezat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ayu