Senin, 18 Juli 2016

Resep Membuat Rendang Daging Sapi Empuk Sederhana

Resep Membuat Rendang Daging Sapi - Rendang sapi merupakan olahan khas yang sangat di sukai banyak orang, makanan yang satu ini sangat nikmat di santap dengan nasi hangat bersama keluarga tercinta. Rendang daging ini pada umumnya mudah di jumpai di rumah makan padang ataupun di restoran bahkan di warung-warung. Memang sangat wajar jika banyak warung rumah makan yang menjual makanan yang satu ini mengingat peminat rendang daging sangat banyak dan rendang daging sendiri tergolong salah satu masakan terlezat.

Harga per porsi dari rendang sendiri cukup terjangkau, dengan uang sebesar 20 ribuan saja kita sudah bisa menikmati lezatnya rendang ini. Namun semua tergantung dari rumah makan itu sendiri, ada yang lebih mahal ada pula yang lebih murah. Dengan harga yang murah tersebut tentunya kita lebih memilih membeli dari pada membuat sendiri, namun berbeda masalahnya jika rendang daging sapi di masak untuk lauk keluarga di rumah atau untuk acara syukuran, tentunya membeli rendang menghabiskan banyak sekali uang. Maka dari itu dari pada membeli lebih baik membuat sendiri bukan rendang daging sapi yang empuk ini?

Resep Membuat Rendang Daging Sapi Empuk

Rendang sendiri sebenarnya tidak sulit membuatnya, hanya saja biasanya daging sapi menjadi keras saat di masak, nah untuk mengatasinya maka ada beberapa cara yang bisa di lakukan agar daging sapi menjadi empuk. Cara yang pertama yakni dengan mengiris daging rendang dengan ukuran yang agak tipis, lalu di tumbuk menggunakan tumbukan daging. Hal tersebut bisa membuat daging sapi menjadi empuk. Cara yang kedua bisa menggunakan nanas muda, dimana daging di baluri dengan nanas muda yang mana sebelumnya nanas sudah di haluskan dengan cara di blender atau di parut dan di balurkan ke seluruh permukaan daging yang akan di masak.

Kedua cara tersebut tergolong sederhana dan mudah, nah kini anda bisa melanjutkan Resep membuat rendang daging yang empuk berikut ini.

Resep Membuat Rendang Daging Sapi Empuk


Bahan-bahan :

- daging sapi lulur 500 gram, potong bentuk melebar menjadi kurang lebih 12 bagian
- daun jeruk 2 lembar
- serai 2 batang, memarkan
- pekak 1 buah
- daun kunyit 2 lembar
- santan sekitar 1000-1500 ml dari 2 butir kelapa
- kelapa parut sangrai cukup 2 sendok makan
- minyak goreng 2 sendok makan

Bumbu Halus :

- bawang merah 10 butir
- bawang putih 6 siung
- cabai rawit sesuai selera
- cabai merah 150 gram
- kemiri 5 butir
- jinten 1/2 sendok teh
- kunyit 1/2 cm
- ketumbar 1 sendok teh
- jahe 1 cm
- garam secukupnya

Cara Membuatnya :

1. Siapkan penggorengan/wajan lalu panaskan minyak dan tumis bumbu halus bersama dengan daun jeruk, daun kunyit, serai dan pekak sampai harum.
2. Masukkan daging, aduk sampai berubah warna.
3. Selanjutnya tuang santan dan tambahkan pula kelapa parut sangrai, masak di atas api yang sedang saja sambil diaduk pelan-pelan sampai mendidih.
4. Kecilkan api dan masak sampai dagingnya matang, berminyak dan warnanya sudah kecoklatan.
5. Angkat segera dan siap di sajikan.
Baca Juga : Resep Cara Membuat Jengkol Pedas Manis Sederhana
Itulah resep mudah mengolah daging sapi menjadi rendang yang lezat dan juga empuk. Yang perlu di ketahui, resep membuat rendang sendiri cukup bervariasi dan setiap orang bisa saja berbeda. Cukup sekian yang dapat kami bagikan semoga bermanfaat dan terimakasih sudah membaca ulasan Resep Rendang Sapi Empuk.

Resep Membuat Rendang Daging Sapi Empuk Sederhana Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ayu