Minggu, 21 Agustus 2016

Resep Membuat Asinan Betawi Enak Khas Jakarta

Resep Membuat Asinan Betawi - Jakarta merupakan salah satu kota di Indonesia yang terkenal dengan pesatnya pembangunan, hal ini tidak terlepas dari status Jakarta sebagai ibu kota negara. Tak heran pula jika variatif kuliner di Jakarta sangatlah banyak karena banyak pendatang baru dari berbagai daerah yang mengadu nasib di Jakarta. Jakarta sendiri merupakan tempat tinggal dari suku betawi yang mana terkenal dengan makanannya yang lezat-lezat. Salah satunya ialah Asinan Betawi yang akan kami bagikan di kesempatan kali ini.

Asinan betawi merupakan olahan yang sangat lezat dan mudah di temukan di Jakarta. Bagi kita yang berada di luar Jakarta pasti sulit mendapatkan makanan yang satu ini, sehingga jika memang ingin mau tidak mau harus membuat sendiri. Resep asinan betawi sendiri sangat bervariasi dan beraneka macam, mengingat selera setiap orang berbeda-beda. Nah, disini kami akan membagikan resep asinan betawi yang konon memiliki rasa super lezat. Simak baik-baik resepnya berikut ini.

Resep Membuat Asinan Betawi Enak Khas Jakarta

Resep Cara Membuat Asinan Betawi Khas Jakarta


Bahan-bahan(mentah) :

- 1 ikat daun selada potong kasar
- segenggam toge
- 1 buah wortel potong korek api
- 4 buah tahu kuning potong kotak
- 1/4 buah kol potong kasar
- 1 buah timun potong kotak
- kerupuk mie kuning

Bumbu-bumbu :

- 800 ml air
- 5 buah cabe merah keriting
- 8 buah cabe rawit merah
- 5 buah bawang putih
- 150 gram kacang goreng
- 5 sdm gula pasir
- 2 bongkah gula merah
- secukupnya cuka
- secukupnya garam
- kerupuk mie kuning

Cara Membuatnya :

1. Blender atau ulek cabe merah keriting, cabe rawit merah, bawang putih dan kacang goreng dengan sedikit air sampai halus.
2. Selanjutnya masukkan bumbu halus ke panci kecil dan masak dengan sisa air tadi. Masukkan gula pasir, gula merah, cuka dan garam  lalu masak hingga mendidih. Cicipi apa sudah sesuai selera.
3. Siapkan panci dan didihkan air lalu masukkan wortel selama 1 menit saja, angkat dan tiriskan.
4. Racik bahan mentah sesuai selera di wadah saji/mangkok sesuai kebutuhan banyak atau sedikitnya.
5. Selesai, hidangkan bersamaan dengan kerupuk kuning dan juga taburan kacang goreng
Baca Juga : Resep Membuat Rendang Daging Sapi Empuk Sederhana
Untuk membuat asinan betawi sendiri memang cukup mudah bukan? ada kalanya anda pelan-pelan dalam mengolah makanan ini, karena jika sampai salah rasanya pasti kurang lezat. Cukup sekian yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat dan terimakasih sudah membaca Resep Asinan Betawi Khas Jakarta.

Resep Membuat Asinan Betawi Enak Khas Jakarta Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ayu