Minggu, 18 September 2016

Resep Membuat Soto Khas Lamongan Jawa Timur

Resep Sederhana Soto Lamongan - Jika kita pergi ke daerah Jawa Timur maka tidak heran jika di sepanjang jalan raya banyak di temuka rumah-rumah makan yang menjual soto ayam. Memang soto ayam merupakan makanan favorit dari sebagian masyarakat Indonesia sehingga tak heran jika soto ayam ini juga mudah di dapatkan di daerah lainnya mulai dari Indonesia bagian timur sampai barat. Soto ayam sendiri merupakan olahan yang sangat nikmat di santap, di makan bersamaan dengan nasi putih dan kerupuk udang membuat rasanya semakin lengkap. Penulis sendiri juga sangat suka dengan soto ayam dan termasuk salah satu makanan favorit.

Bagi anda yang juga suka dengan soto ayam namun cukup sulit mendapatkannya maka bisa membuat sendiri, karena bahan yang di gunakan cukup umum dan mudah di dapatkan di sekitar rumah atau di pasar. Hanya saja untuk soto ayam ini sebaiknya menggunakan ayam kampung, karena kaldu yang di hasilkan semakin terasa di bandingkan ayam pedaging biasanya. Jika memang tidak ada ayam kampung, ayam jenis apapun bisa kok di gunakan. Langsung saja simak resep membuat soto lamongan berikut ini, simak baik-baik atau sambil di praktekkan.

Resep Membuat Soto Khas Lamongan Jawa Timur


Resep Membuat Soto Khas Lamongan Sederhana


Bahan Untuk Soto :

- Ayam 1/4 Ekor
- Serai 1 batang, memarkan
- Daun jeruk 2 lembar
- Merica bubuk 1/4 sendok teh
- Gula pasir 1 sendok teh
- Garam secukupnya
- Minyak goreng secukupnya
- Air 1 liter

Bumbu Halus :

- Bawang putih 2 siung
- Bawang merah 4 butir
- Kemiri 2 butir, sangrai
- Ketumbar butiran 1/2 sendok teh, sangrai
- Kunyit 2 cm, bakar lalu kupas

Bahan Koya :
- Kerupuk udang 4-5 buah
- Bawang putih 1/2 sendok makan, goreng

Pelengkap Untuk Soto :

- Nasi putih secukupnya
- Soun secukupnya
- Tauge rebus secukupnya
- Irisan daun bawang
- Bawang goreng secukupnya
- jeruk nipis secukupnya
- Kecap manis secukupnya

Cara Membuat Soto Lamongan :

1. Siapkan panci, rebus air menggunakan api kecil, masukkan ayam untuk di jadikan kaldu soto. Tunggu sampai berkaldu dan matang. Lalu angkat, saring air kaldunya dan panaskan lagi.
2. Siapkan wajan, panaskan minyak goreng lalu tumis bumbu halus, serai dan juga daun jeruk sampai baunya harum. Angkat lalu masukkan ke dalam rebusan ayam tadi. Tambahkan dengan gula pasir, garam dan merica bubuk. Aduk sampai rata dan masak sampai bumbunya meresap ke dalam ayam.
3. Panaskan minyak, goreng ayam sampai matang. Angkat lalu tiriskan. Suwir suwir daging ayam tersebut dan sisihkan.

Membuat Koya :
4. Haluskan semua bahan koya dan sisihkan.

Meracik Soto Ayam Lamongan :
5. Siapkan mangkuk saji, masukkan nasi putih di tambah ayam suwir, soun dan tauge di atasnya. Terus siram dengan kaldu atau kuah soto. Taburi dengan daun bawang, koya dan bawang goreng di atasnya. Sajikan soto ayam bersamaan dengan pelengkap lainnya.(Sesuai selera anda).
Baca Juga : Resep Membuat Asinan Betawi Enak Khas Jakarta
Mudah bukan membuat soto ayam? mungkin jika pertama mencoba rasanya masih tidak sesuai harapan, hal tersebut wajar namanya juga masih pertama. Silahkan belajar lagi sampai menemukan rasa yang pas. Cukup sekian yang dapat kami bagikan, semoga bisa bermanfaat dan terimakasih sudah membaca Resep Soto Lamongan Sederhana.

Resep Membuat Soto Khas Lamongan Jawa Timur Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ayu