Minggu, 14 Mei 2017

Resep Membuat Kue Kering Keciput Khas Lebaran

Resep Membuat Kue Kering Keciput - Banyak sekali jenis kue kering yang bisa kita temukan di masyarakat. Setiap saat ada saja jenis kue kering baru yang muncul ke permukaan. Salah satu kue kering yang sangat familiar di telinga kita adalah kue keciput. Kue kering yang satu ini bukanlah kue jenis baru, ini merupakan kue kering yang sudah lama di temukan dan merupakan peninggalan nenek moyang yang perlu di lestarikan. Karena seperti yang kita ketahui bersama, kini kue keciput bukanlah cemilan istimewa, bahkan tidak semua orang bisa membuatnya.

Anak-anak pun sepertinya sudah meninggalkan jajanan tradisional ini dan lebih memilih jajan instan yang banyak di jual di warung atau toko sekitar rumah. Meskipun begitu peminat kue keciput ini tetaplah banyak, terutama dari kalangan orang dewasa yang memang menyukai kue keciput sebagai teman mengobrol.

Resep Membuat Kue Kering Keciput Khas Lebaran

Sebenarnya untuk membuat kue keciput sendiri cukup mudah. Apalagi jika membuat kue keciput untuk lebaran, maka membuatnya di bulan Ramadan bersama anggota keluarga yang lain terasa menyenangkan. Lalu bagaimana resepnya, simak saja ulasan berikut ini.

Resep Membuat Kue Keciput Renyah Gurih Enak


Waktu Membuat : ± 90 Menit
Saran penyajian: 300 gram

Bahan-bahan :

- 250 gram tepung terigu segitiga
- 30 gram cokelat bubuk
- 1 butir telur
- 3 sdm gula pasir
- 1 sdt baking powder
- ½ sdt garam
- Minyak secukupnya, untuk menggoreng
- 150 gram wijen

Cara Membuatnya :

1. Kocok telur dan gula pasir sampai gula larut.
2. Campur tepung terigu, baking powder, cokelat bubuk dan garam, aduk merata
3. Masukkan campuran telur sedikit demi sedikit ke adonan sambil diaduk sampai tercampur rata dan adonan kalis.
4. Berikutnya bentuk adonan menjadi bulat-bulat kecil, seperti kelereng, lalu gulingkan diatas wijen sampai merata. Lakukan hal yang sama hingga adonan keciput habis.
5. Siapkan penggorengan, goreng menggunakan minyak panas sedang sampai keciput berwarna kuning kecokelatan dan kering. Angkat lalu tiriskan
6. Setelah keciputnya dingin, simpan ke dalam toples atau wadah yang kedap udara.
Baca Juga : Resep Cara Membuat Wedang Angsle Sederhana Lezat
Kue keciput ini terkenal di daerah pulau jawa, admin sendiri yang berdomisili di daerah jawa timur kerap menjumpai kue ini saat lebaran tiba. Selamat mencoba, semoga kue keciputnya berhasil. Jika resep di atas sulit di cerna atau hasilnya kurang maksimal mohon di maafkan, silahkan belajar langsung kepada orang yang bisa, karena belajar langsung hasilnya lebih maksimal. Terimakasih sudah membaca resep kue keciput renyah manis.

Resep Membuat Kue Kering Keciput Khas Lebaran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ayu